time.php?c=1&g=7&b=C20000&t=red&s=3

10 Jul 2012

Kisah Curahan Hati anak anak jalan dengan pelecehan seksual


Jalan penyanyi, pedagang kaki lima, tiga-dalam-satu joki. Kiky Sarandi telah melakukan itu semua sejak mulai hidup di jalanan empat tahun lalu.
"" Saya akan melakukan apapun untuk menghasilkan uang untuk bertahan hidup, "" kata 19 tahun Kiky, yang lebih suka dipanggil Brebes, nama kampung halamannya di Jawa Tengah.
Ketika ibunya pindah ke Timur Tengah untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga setelah kematian ayahnya, Brebes mulai tinggal dengan bibinya.
Ia mengatakan ia akhirnya berakhir di jalanan Jakarta setelah mengalami pelecehan seksual oleh guru kelas tiga di SMP.
"" Ketika keluarga saya mengetahui tentang penyalahgunaan, mereka memperlakukan saya secara berbeda dan mulai mengabaikan saya.
"" Saya malu jadi saya memutuskan untuk meninggalkan kampung halaman dan di sini saya, hidup di jalanan, "" katanya.
"" Sekarang aku tidak tertarik untuk bicara tentang sekolah. Saya sedikit sensitif tentang hal itu karena insiden itu. ""
Brebes menyerah mimpinya menjadi seorang insinyur listrik ketika ia terpaksa meninggalkan sekolah dan memutuskan untuk pindah ke Jakarta.
Amran, teman Brebes ', mulai hidup di jalanan setelah orang tuanya bercerai dan ayahnya menikah lagi tanpa memberitahu dia.
Pada usia delapan, Amran sudah mengalami kehidupan keras anak jalanan, bekerja sebagai penggosok sepatu di Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat, di mana ia juga mengalami pelecehan seksual.
"" Ketika saya masih penggosok sepatu salah satu konsumen saya mengalami pelecehan seksual saya dan memberi saya Rp 3.000 (US 33 sen), "" kata Amran, 19, yang bekerja serabutan untuk mencari nafkah.
Dia mengatakan pada saat itu dia tidak mengerti apa yang telah terjadi padanya.
"" Saya menghabiskan uang untuk bermain mesin pinball, "" katanya.
"" Tapi seiring waktu berlalu, saya belajar bahwa orang yang telah memperlakukan saya dengan buruk. ""
Dia mengatakan sebagian besar hidup teman-temannya di jalanan telah mengalami pelecehan seksual oleh orang dewasa.
"" Bahkan, beberapa dari mereka membuat hidup dari itu, "" katanya.
Psikolog Tika Bisono mengatakan anak jalanan banyak menjadi korban pelecehan seksual, dengan beberapa memutuskan untuk membuat hidup dari itu karena situasi ekonomi mereka.
"" Awalnya mereka terkejut, tapi akhirnya banyak melihat penyalahgunaan sebagai peluang ekonomi karena mereka dapat membuat uang dari itu, "" katanya
Andri Cahyadi, Ketua Pusat Jakarta untuk Anak Jalanan, menjalankan tempat penampungan bagi anak jalanan di Jl. Otista, Jakarta Timur.
Dia mengatakan ada jaringan di sekitar ibukota yang menawarkan anak-anak untuk pedofil.
"" Ada orang yang bertindak sebagai germo, menawarkan anak laki-laki pedofil, "" katanya.
Dia mengatakan banyak anak-anak memutuskan untuk bekerja dalam industri ini sebagai manfaat ekonomi yang lebih tinggi daripada bekerja di jalanan.
Tika mengatakan pemerintah dan Komisi Nasional Perlindungan Anak berbuat banyak untuk mengatasi masalah ini meluas sosial.
"" Jika anak-anak bersedia untuk melakukan itu dan membuat hidup dari itu, dapat kita masih menyebutnya masalah? "" Tanyanya.
"" Sepertinya kejam untuk mengatakan hal seperti itu, tapi itu adalah kebenaran. ""
Tika mengatakan meskipun anak-anak menikmati uang itu, pelecehan seksual adalah pengalaman traumatik dan mereka cenderung memiliki kecenderungan penyimpangan seksual ketika mereka menjadi dewasa.
"" Kita harus bekerja sama untuk mengatasi masalah ini sekarang, "" kata Tika. (05)

potret anak jalanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search